Demi Malaikat! Kamu Akan Dibangkitkan…

Allah mengawali surat An Naziat dengan bersumpah:

“Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras. Dan (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah-lembut.”

Sebagian orang pada saat sakaratul maut merasakan luar biasa sakit karena dicabut nyawanya oleh malaikat dengan keras. Sebaliknya, sebagian lain tidak merasakan sakit karena malaikat mencabutnya dengan lemah lembut.

Adapun mereka yang pada saat sakaratul maut merasakan sakit luar biasa adalah orang-orang kafir. Setiap orang akan mengalami tingkat kesakitan yang berbeda-beda tergantung keimanannya.

Karena itulah, kita dianjurkan berdoa sbb:

“Allhumma hawwin ‘alaina fii sakaaratil maut wal ‘afwa ‘indal hisaab wannajaata minannaar”
Ya Allah, ringankan atas kami saat sakaratul maut, dan ampuni kami saat menghadapi hisab, dan selamatkan kami dari api neraka.

Catatan:
Menilik isi doa tersebut, dapat dipahami bahwa yang dapat termasuk orang-orang yang dicabut nyawanya dengan keras adalah kita semua, kaum muslim. Karena dalam diri seorang muslim pun bisa terjangkit sifat kufur. Baca catatan kuliah Subuh: Bahaya Kufur yang disampaikan oleh Ust. Dr. Ibdalsyah, MA

Batas Kenikmatan
Orang-orang kafir yang saat ini hidup dalam kesenangan karena serba cukup, mereka sesungguhnya dapat menikmatinya dalam waktu yang amat sebentar, yaitu sampai menjelang sakaratul maut. Saat sakaratul maut, mereka akan merasakan sakit luar biasa karena nyawanya dicabut dengan keras. Sesampai di kubur, mereka menerima siksa kubur. Setelah hari kebangkitan, mereka mendapat siksa neraka. Naudzubillaahi min dzaalika.

Kematian Adalah Misteri
Tak seorang pun tahu akan saat kematiannya. Banyak orang sudah tua renta yang sakit-sakitan dan tidak mampu berobat… tapi mereka tetap dapat bertahan hidup. Sementara banyak anak muda yang segar bugar tiba-tiba meninggal dunia. Kematian bukan soal usia, kesehatan, kemampuan berobat, dll. Kematian adalah sebuah takdir yang misterius. Semoga akhir hidup kita adalah akhir hidup yang baik, khusnul khatimah. Pesan dalam Al Quran untuk kita semua,

“Janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Islam.” (Al Baqarah 132).

Tugas Tugas Malaikat
Malaikat banyak jumlahnya. Selain ada yang bertugas mencabut nyawa, mencatat amal manusia, meniup sangkala, ternyata kegiatan alam semesta pun diurus oleh malaikat.
“Dan (Malaikat) yang mengatur urusan (dunia)” (An Naziat : 5).

Tutur Ust. Hasan Rifai, yang diurus malaikat sehubungan dengan ayat tersebut antara lain meliputi proses pernapasan, arah angin, hujan dll.

Demi Malaikat, Kamu Akan Dibangkitkan!
Untuk menegaskan adanya hari kebangkitan, dalam Surat An Naziat ayat 1 – 5 Allah mengawalinya dengan bersumpah demi malaikat-malaikat sebagai berikut:

Kuliah Subuh An Naziah 1-5

QS An Naziat 1-5

“Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras. Dan (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah-lembut. Dan (malaikat) yang turun dari langit dengan cepat. Dan (malaikat) yang mendahului dengan kencang. Dan (malaikat) yang mengatur urusan (dunia)” (QS An Naziat 1-5)

Setelah Allah bersumpah demi malaikat-malaikat yang bermacam-macam sifat dan tugasnya, barulah Allah menegaskan tentang hari berbangkit dalam ayat selanjutnya:

Kuliah Subuh An Naziah 6-14

QS An Naziah 6-14

“(Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan) pada hari ketika tiupan pertama menggoncang Alam. Tiupan pertama itu diiringi oleh tiupan kedua. Hati manusia pada waktu itu sangat takut. Pandangannya tunduk. (Orang-orang kafir) berkata: “Apakah Sesungguhnya kami benar-benar dikembalikan kepada kehidupan semula. Apakah (akan dibangkitkan juga) apabila kami telah menjadi tulang belulang yang hancur lumat?” Mereka berkata: “Kalau demikian, itu adalah suatu pengembalian yang merugikan”. Sesungguhnya pengembalian itu hanyalah satu kali tiupan saja. Maka dengan serta merta mereka hidup kembali di permukaan bumi.” (Qs An Naziat 6 – 14)

Demi malaikat, kamu akan dibangkitkan! itulah inti sari dari surat An Naziat 1-14 di atas.

Mari senantiasa ingat akan tugas-tugas malaikat (pencatat amal dan pencabut nyawa) agar kita dapat mempersiapkan hari kebangkitan dengan baik.

Kajian Islam dalam Kuliah Subuh Masjid Raya Taman Yasmin
Pemateri : Ust. Hasan Rifai
Tafsir Al Quran surat An Naziat 1-14
Tanggal : 16 Februari 2013

Ajak sahabat dan kerabat anda untuk menghadiri Kuliah Subuh tiap Sabtu di Masjid Raya Taman Yasmin dengan klik “Like” dan Share …

Silakan share dan like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

PAPAN INFORMASI

Saat ini program GPKSB kami sedang bagi-bagi stiker motivasi shalat berjamaah, untuk mobil dan sepeda motor. Bagi yang belum mendapatkan, silakan hubungi Sdr Hamdan selagi persediaan masih ada.

Dalam waktu dekat insya_allah akan diadakan Seminar Shalat Sempurna, tunggu info tanggalnya

Buletin Dakwah Islam Jumat

Komentar Terbaru