Kajian Tentang Kufur

Ringkasan Kuliah Subuh Ust Ibdalsyah
Kufur terbagi menjadi 2:
1. Kufur akbar, keluar dari Islam
2. Kufur asghar, tidak keluar dari Islam

Kufur Akbar
Keingkaran yang nyata-nyata tidak menerima syariat Islam

Kufur Asghar
Tidak mengingkari syariat Islam, tapi melakukan beberapa tindakan kekufuran seperti kufur nikmat. Yaitu tidak menggunakan nikmat yang diberikan Allah untuk hal yang semestinya.

Hal ini dapat diibaratkan jika orang tua kita memberikan sejumlah uang kepada anaknya dengan tujuan untuk membayar kuliah, tapi uang tersebut digunakan anaknya untuk hura-hura, maka sudah tentu orang tuanya akan marah pada anaknya.

Dapat dikatakan bahwa kufur nikmat adalah menggunakan kenikmatan yang diperoleh tidak sesuai dengan tujuan pemberian nikmat tersebut.

Hal lain yang dianggap kufur berdasarkan hadits, adalah seorang wanita yang tidak taat kepada suaminya. Membunuh sesama muslim juga disebut kufur oleh Rasulullah.

Beberapa catatan:
Perintah yang disertai dengan ancaman, maka perintah tersebut hukumnya wajib.

Ciri-ciri orang munafik ada 3, yaitu: dusta, khianat dan ingkar janji. Menurut ulama, munafik yang ditempatkan di dasar neraka bukan dari jenis munafik yang ini, tapi munafik yang dalam hatinya dia ingkar (kufur) terhadap syariat Islam, tapi secara dhahir dia seolah-olah bertindak seperti orang mukmin

Silakan share dan like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

PAPAN INFORMASI

Saat ini program GPKSB kami sedang bagi-bagi stiker motivasi shalat berjamaah, untuk mobil dan sepeda motor. Bagi yang belum mendapatkan, silakan hubungi Sdr Hamdan selagi persediaan masih ada.

Dalam waktu dekat insya_allah akan diadakan Seminar Shalat Sempurna, tunggu info tanggalnya

Buletin Dakwah Islam Jumat

Komentar Terbaru