Kisah Nabi Yunus dalam Al Quran

Kajian Islam Tafsir Al Quran Surat Al Qalam : 48 – 52
Sabtu, 12 April 2014 | Ust. Hasan Rifai Tafsir Ibnu Katsir

Kisah Nabi Yunus

Terjemahan surat:
48. Maka Bersabarlah kamu (hai Muhammad) terhadap ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu seperti orang yang berada dalam (perut) ikan ketika ia berdoa sedang ia dalam keadaan marah (kepada kaumnya).

kisah nabi yunusYang dimaksud orang yang berada dalam ikan adalah Nabi Yunus. Al kisah Nabi Yunus marah terhadap kaumnya. Nabi Yunus berlayar meninggalkan kaumnya. Singkat kisah, akhirnya Nabi Yunus ditelan ikan besar.

Kisah Nabi Yunus ini memberi pelajaran bahwa meskipun masyarakat belum sadar dengan kebaikan yang kita serukan, maka janganlah marah. Tugas kita hanya menyampaikan, Allah lah yang memberi keputusan dapat atau tidaknya hidayah bagi orang yang kita ajak kebaikan (amar maruf). Maka bersabarlah….

Sanjungan kepada orang yang bersabar Allah nyatakan dalam Al Quran Surat Shad 44:
Dan ambillah dengan tanganmu seikat (rumput), Maka pukullah dengan itu dan janganlah kamu melanggar sumpah. Sesungguhnya kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. dialah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan-nya)

49. Kalau sekiranya ia tidak segera mendapat nikmat dari Tuhannya, benar-benar ia dicampakkan ke tanah tandus dalam keadaan tercela.

Lanjutan kisah Nabi Yunus …

Allah menyelamatkan Nabi Yunus karena beliau bertasbih dalam perut ikan. Doa yang dibacanya adalah “Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu mina dzalimiin.” Tiada Tuhan selain Engkau Maha Suci Engkau sesungguhnya aku adalah orang-orang yang dzalim.

Dalam tafsir Ibu Katsir diriwayatkan bahwa doa Nabi Yunus sampai ke Arsy dan didengar oleh para malaikat pemikul Arsy. Malaikat berkata:
“Ya Tuhanku ini ada suara yang sangat lemah dari tempat yang asing.”

Allah menjawab: Apakah engkau kenal suara ini?
“Tidak ya Allah” jawab malaikat
“Ini adalah Yunus” jawab Allah
Malaikat: “Ya Allah hambamu itu adalah orang yang tiada henti-hentinya beramal ikhlas”
“Ya” jawab Allah
“Mengapa tidak engkau cintai dirinya dengan apa-apa yang diamalkan dan diselamatkan dari bahaya”
Kemudian Allah menyelamatkan Nabi Yunus dari perut ikan.

Catatan:
Tidak hanya Nabi Yunus yang bisa mendapatkan doanya malaikat. Kita orang awam juga bisa mendapatkan malaikat, sebagaimana dalam hadits Bukhari dan Muslim:
“… dan selama dalam majelis shalat (masjid) tanpa hadats, malaikat mendoakannya. Ya Allah, rahmatilah dia dan ampunilah dia…” Inilah salah satu fadilah shalat berjamaah: didoakan oleh malaikat. Mau?

50. Lalu Tuhannya memilihnya dan menjadikannya termasuk orang-orang yang saleh.
Setelah diselematkan, Nabi Yunus kembali lagi ke kaumnya dengan semangat baru… paradigma baru. Tanpa marah…. Dan menjadi orang yang lebih sabar.

51. Dan Sesungguhnya orang-orang kafir itu benar-benar hampir menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka, tatkala mereka mendengar Al Quran dan mereka berkata: “Sesungguhnya ia ( Nabi Muhammad ) benar-benar orang yang gila[1500]”.

[1500] menurut kebiasaan yang terjadi di tanah Arab, seseorang dapat membinasakan binatang atau manusia dengan menujukan pandangannya yang tajam. hal Ini hendak dilakukan pula kepada nabi Muhammad s.a.w., tetapi Allah memeliharanya, sehingga terhindar dari bahaya itu, sebagaimana dijanjikan Allah dalam surat Al Maidah ayat 67. kekuatan pandangan mata itu pada masa sekarang dikenal dengan hypnotisme.

52. Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat.
Kisah nabi Yunus adalah merupakan satu dari ayat-ayat Allah. Untuk orang yang putus asa, kemudian mendapatkan keburukan… contohlah Nabi Yunus yang tetap ingat kepada Allah dengan selalu bertasbih kepadanya. Semoga ceramah agama Islam ini bermanfaat untuk kita semua.

 

Silakan share dan like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

PAPAN INFORMASI

Saat ini program GPKSB kami sedang bagi-bagi stiker motivasi shalat berjamaah, untuk mobil dan sepeda motor. Bagi yang belum mendapatkan, silakan hubungi Sdr Hamdan selagi persediaan masih ada.

Dalam waktu dekat insya_allah akan diadakan Seminar Shalat Sempurna, tunggu info tanggalnya

Buletin Dakwah Islam Jumat

Komentar Terbaru