Menjawab Keraguan Adanya Allah

Kajian Bada Subuh Masjid Raya Taman Yasmin
Kajian Tafsir surat Albaqoroh ayat 21-22
Bersama Ust. Abas Aula Lc

“Hai manusia beribadahlah kepada Rabb – mu yang telah menciptakanmu dan orang –orang sebelummu, agar kamu bertakwa. Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rizki untukmu, karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Alloh, padahal Kamu mengetahui” (QS Albaqoroh : 21-22)

kuliah subuh di bogorAllloh Tabaroka wa Ta’ala menjelaskan tentang keesaan uluhiyahNya bahwa Dia yang memberikan nikmat kepada hamba-hambaNya dengan menciptakan mereka dari tiada menjadi ada serta menyempurnakan bagi mereka nikmat lahiriah dan batiniah yaitu Dia menjadikan bagi mereka bumi sebagai hamparan seperti tikar –tikar yang dapat ditempati dan didiami yang dikokohkan dengan gunung-gunung ang menjulang dan dibangunkan langit sebagai atap.

Alloh Tabaroka wa Ta’ala memerintahkan kepada jin dan manuasia hanya untuk beribadah kepadanya dan tidak menyekutukaNya dengan sesuatu apapun (QS Az zariyat: 56),

Ibadah harus dilakukan secara total dalam semua segi hidup dan kehidupan, ibadah tidak hanya dilakukan hanya yang bersifat ritual semata seperti sholat tetapi harus juga dengan ibadah –ibadah yang lain seperti sodaqoh, zakat, menunaikan ibadah haji dan lain-lain. Ritual-ritual dalam haji pun semuanya termasuk dalam ibadah.
Alloh juga menurunkan air hujan dari langit bagi mereka . Yang dimaksud (dengan langit) di sini adalah awan yang turun pada saat dibutuhkan oleh mereka. Lalu Dia mengeluarkan bagi mereka buah-buahan dan tanaman seperti yang mereka saksikan, sebagai rizqi bagi mereka dan ternak mereka.

Muhammad bin ishaq meriwayatkan dari ibnu Abbas, mengenai firman Alloh Tabaroka wa Ta’ala yang artinya Wahai sekalian manusia, beribadahlah kepada Rabb-mu; ia berkata bahwa seruan itu ditujukan kepada kedua belah pihak, orang orang kafir dan orang-orang munafik. Artinya, esakanlah Rabb kalian yang telah menciptakan kalian dan orang – orang sebelum kalian.

Menurut Muhammad bin Ishaq dari Ibnu Abbas mengenai firmanNya yang artinya “Karena itu janganlah kalian mengadakan sekutu-sekutu bagi Alloh, padahal kalian mengetahui; Ia berkata Artinya janganlah kalian menyekutukaNya dengan mengadakan tandingan-tandingan yang tidak dapat memberikan mudharat maupun manfaat,padahal kalian mengetahui bahwa tiada Ilah yang haq bagi kalian selain Dia yang memberikan risqi kepada kalian. Dan kalian juga mengetahui bahwa yang diserukan kepada kalian oleh Rosululloh untuk diesakan adalah Rabb yang haq dan tidak diragukan lagi.

Menjawab Keraguan Adanya Allah
Diriwaatkan dari Abu Hanifah bahwa sebagian orang Zindiq pernah bertanya kepadanya mengenai keberadaan Alloh, maka iapun mengatakan kepada mereka “Tinggalkanlah aku di sini, aku sedang memikirkan sesuatu hal yang telah diberitahukan kepadaku. Mereka memberitahukan ada sebuah kapal di laut yang sarat dengan beraneka ragam barang dagangan dan tidak ada seorang pun yang menjaga dan mengendalikanya. Namun demikian, kapal itu tetap berlayar tanpa nakhoda , menerobos derasnya ombak hingga akhirnya berhasil melewati ombak tersebut dan terus melaju tanpa nakhoda”.

Orang orang Zindiq berkata : Ini merupakan suatu hal yang tidak mungkin dikatakan oleh orang yang berakal. Lalu Abu hanifah berkata “Celaka kalian! Jika demikian, apakah alam jagat raya ini, langit, bumi dan segala isinya yang teartur itu tidak ada pembuatnya. Maka orang orang itu tercengang keheranan, hingga akhirnya mereka kembali kepada kebenaran dan masuk islam di bawah bimbinganya.

Dari kesimpulan di atas maka janganlah kita menjadikan sekutu sekutu selain Alloh, seperti mendatangi tempat-tempat keramat untuk meminta pertolongan, meminta rizqi dan lain sebagainya dan janganlah cinta kita kepada makhluk melebihi cinta kita kepada Alloh Tabaroka wa Ta’ala

Allohlah satu satunya yang menciptakan alam semesta ini dan tidak ada tandingan-tandingan lain.
Kontributor : AS

Silakan share dan like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

PAPAN INFORMASI

Saat ini program GPKSB kami sedang bagi-bagi stiker motivasi shalat berjamaah, untuk mobil dan sepeda motor. Bagi yang belum mendapatkan, silakan hubungi Sdr Hamdan selagi persediaan masih ada.

Dalam waktu dekat insya_allah akan diadakan Seminar Shalat Sempurna, tunggu info tanggalnya

Buletin Dakwah Islam Jumat

Komentar Terbaru