Tentang Berita Besar

Catatan Kuliah Subuh, Sabtu 20 April 2013
Masjid Raya Taman Yasmin – Bogor
Tafsir QS An Naba’ 78: 1-14, pemateri: KH. Hasan Rifai

hari berbangkitSurat An Naba’ terdiri atas 40 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat Al Ma’arij di Mekkah. Dinamai “An Naba’” (berita besar), diambil dari perkataan An Naba’ yang terdapat pada ayat 2 surat ini. Dinamai juga  “’Amma yatasaa aluun” diambil dari perkataan “’Amma yatasa aluun” yang terdapat pada ayat 1 surat ini.

Terjemah dan tafsir ayat.
1. Tentang apakah mereka saling bertanya?
2. Tentang berita yang besar (hari berbangkit).
3. Yang dalam hal itu mereka berselisih.

Tanggapan manusia terhadap hari berbangkit ada yang mendustakan dan yang membenarkan. Yang mendustakan adalah orang-orang kafir dan yang membenarkan adalah orang-orang beriman. Dengan demikan salah satu pembeda utama antara orang kafir dan beriman adalah keimanan terhadap hari kebangkitan. Iman kepada hari kebangkitan akan memberikan pengaruh tanggung jawab kepada manusia karena harus mempertanggungjawabkan semua perbuatannya di dunia.

4. Tidak! Kelak mereka akan mengetahui.
Ini adalah sanggahan terhadap pendapat orang-orang kafir Mekah yang mengingkari hari berbangkit dan hari Kiamat.  Kelak mereka akan tahu, manakala maut datang menjemput, tindakan apa yang akan Allah timpakan terhadap mereka.

5. Sekali lagi tidak! Kelak mereka akan mengetahui.
Sungguh, kelak mereka akan tahu di dalam kubur, apa yang akan Dia timpakan terhadap mereka. Ini merupakan ancaman Allah Ta‘ala terhadap orang-orang yang mendustakan Nabi Muhammad saw dan al-Quran.

6. Bukankah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan.
Allah menciptakan bumi sebagai tempat tinggal bagi manusia dan makhluk lainnya serta menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

7. Dan gunung-gunung sebagai pasak?
Allah menciptakan gunung-gunung sebagai pasak bagi bumi agar kokoh dan tidak bergoncang .

8. Dan Kami menciptakan kamu berpasang-pasangan
Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan dimana satu sama lain saling melengkapi. Allah berfirman:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS Ar Rum: 21)

9. Dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat.
Sesungguhnya yang terjadi setiap hari dalam perjalanan kita adalah kehidupan dan kematian yang berulang-ulang. Setiap malam kita mati dan esoknya kita dibangunkan kembali, dan terus terjadi seperti itu. Hingga ada saatnya nanti di mana Allah mengambil ruh kita dan tidak mengembalikannya kembali. Dapat disimpulkan bahwa tidur dan bangunnya adalah miniatur kematian dan hari kebangkitan.

10. Dan Kami menjadikan malam sebagai pakaian
Malam disebut sebagai “pakaian” karena malam itu gelap menutupi jagat sebagaimana pakaian menutupi tubuh manusia.

11. Dan Kami menjadikan siang untuk mencari penghidupan.
12. Dan Kami membangun di atas kamu tujuh (langit) yang kokoh.
13. Dan Kami menjadikan pelita yang terang-benderang (matahari).
14. Dan Kami turunkan dari awan, air hujan yang tercurah dengan hebatnya.

Allah menurunkan hujan untuk menumbuhkan biji-bijian yang diperlukan manusia sebagai pemenuh kebutuhan hidup manusia dan makhluk lainnya.

Kontributor : RK

Silakan share dan like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

PAPAN INFORMASI

Saat ini program GPKSB kami sedang bagi-bagi stiker motivasi shalat berjamaah, untuk mobil dan sepeda motor. Bagi yang belum mendapatkan, silakan hubungi Sdr Hamdan selagi persediaan masih ada.

Dalam waktu dekat insya_allah akan diadakan Seminar Shalat Sempurna, tunggu info tanggalnya

Buletin Dakwah Islam Jumat

Komentar Terbaru