Mengenal Apa itu Tilawati

tilawati new

Salah satu masalah penting yang dihadapi guru Al-Quran adalah mengatasi ketidak-tertiban santri selama proses belajarmengajar dan mengatasi ketidaklancaran mengaji. Ujung persoalan tersebut berakibat mutu bacaan santri makin merosot dan waktu belajarnya semakin lama bahkan tidak sedikit santri drop out sebelum tartil dan khatam baca Al-Quran.

Tilawati merupakan  metode belajar mengajar baca Al-Quran dengan pendekatan ”KLASIKAL – INDIVIDUAL SECARA SEIMBANG” diharapkan dapat mengurangi bahkan mengatasi persoalan tersebut. Disusun praktisi dan motor penggerak Taman Pendidikan Al-Quran Indonesia. Peruntukan metode ini semula memang untuk konsumsi anak usia SD dan sederajat namun pada kenyataannya metode ini tidak terlalu sulit diterapkan kepada anak TK, SD demikian pula untuk anak SMP, SMU, Mahasiswa dan Orang Tua dalam kenyataanya semakin cepat kemampuan kelancaran membaca.

Namun demikian, kesuksesan sebuah pengajaran tidak bisa berdiri sendiri tetapi lebih kepada proses yang saling menguatkan antara satu dengan yang lain. Dalam terori pendidikan dikatakan bahwa media pengajaran menyumbangkan keberhasilan 20% (dalam hal ini buku pegangan santri), guru/ ustadz menyumbangkan keberhasilan 30% dan menejemen menyumbangkan keberhasilan 50%.

METODE TILAWATI diterapkan di Madrasah Ar Raudhah

Dengan landasan teori itu, maka lembaga Madrasah Ar Raudhah, menerapkan metode mengajar Al-Quran ”TILAWATI” dengan memadukan 3 konsep keberhasilan tersebut. TERBUKTI! Anak-anak santri merasakan kemudahan dan senang dalam belajar Al-Qur’an. Kini, Madrasah Ar Raudah sudah tidak terlihat anak-anak santri yang gaduh padasaat proses pembelajaran Al-Qur’an.

 

Silakan share dan like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

PAPAN INFORMASI

Saat ini program GPKSB kami sedang bagi-bagi stiker motivasi shalat berjamaah, untuk mobil dan sepeda motor. Bagi yang belum mendapatkan, silakan hubungi Sdr Hamdan selagi persediaan masih ada.

Dalam waktu dekat insya_allah akan diadakan Seminar Shalat Sempurna, tunggu info tanggalnya

Buletin Dakwah Islam Jumat

Komentar Terbaru